Analisis Resepsi Terhadap Erika Richardo tentang Konten Pembangunan Sekolah Dasar di NTT

Authors

  • Marcha Annisa Putri Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Fisipol, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Ruthsiana Tesalonica Putri K Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Fisipol, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Faizah Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Fisipol, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Analisis, Konten, Erika, Richardo, Pembangunan, Sekolah, Dasar, NTT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Surabaya terhadap konten yang dibuat oleh Erika Richardo mengenai pembangunan sekolah dasar di Nusa Tenggara Timur (NTT). Latar belakang penelitian ini berangkat dari meningkatnya pengaruh media sosial sebagai sarana penyebaran informasi dan kampanye sosial yang mampu membentuk opini publik. Melalui kontennya, Erika Richardo berupaya menunjukkan kepedulian terhadap pemerataan pendidikan di daerah terpencil serta menginspirasi masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi media sosial, tanggapan masyarakat, dan wawancara ringan dengan beberapa warga Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat menilai konten Erika Richardo bersifat positif karena mampu menumbuhkan empati dan kesadaran sosial, sementara sebagian kecil menilai konten tersebut sebagai bentuk pencitraan. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa peran figur publik di media sosial berpengaruh terhadap pembentukan pandangan masyarakat, terutama dalam isu sosial dan pendidikan.

Kata kunci: Persepsi masyarakat, Erika Richardo, media sosial, pembangunan sekolah dasar, Nusa Tenggara Timur.

Published

2025-12-09