Sinergi Komunikasi Pemasaran Digital: Integrasi Instagram Dan Marketplace Untuk Daya Saing UMKM Binaan Rumah BUMN Surabaya

Authors

  • Evan Achmad Arlian Universitas Negeri Surabaya
  • Oktora Hanny Salsabilah Qotrunnada Universitas Negeri Surabaya
  • Oktora Hanny Salsabilah Qotrunnada Universitas Negeri Surabaya
  • Hyoga Aditya Shaputra Universitas Negeri Surabaya
  • Gabriella Leony Navtalie Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

UMKM, Komunikasi Pemasaran, Digital, Instagram, Marketplace

Abstract

Meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digital membutuhkan implementasi strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Penelitian kualitatif ini bertujuan menganalisis sinergi Integrated Marketing Communication (IMC) Digital, khususnya dengan menggabungkan Instagram sebagai media utama untuk membangun merek dan interaksi, serta Marketplace sebagai saluran utama untuk konversi dan transaksi. Melalui studi kasus pada UMKM binaan Rumah BUMN Surabaya, temuan menunjukkan bahwa penerapan sinergi IMC Digital yang terstruktur ditandai dengan pesan yang konsisten dan pengelolaan pengunjung yang efisien berhasil menciptakan ekosistem pemasaran yang komprehensif. Integrasi strategis ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kesadaran merek dan tingkat konversi, menjadikannya faktor kunci dalam menciptakan keunggulan kompetitif serta daya saing UMKM

Downloads

Published

2025-12-09