Strategi Komunikasi Pemasaran Digital melalui Instagram @sobo.ketapanrame dalam Pengembangan Branding Desa Wisata Ketapanrame

Authors

  • Aulia Laifatul Fadilah Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Amelia Nurmala Sari
  • Magisterini Victoria Drupadi
  • Tri Ilaina Sa'adah
  • Wisda Aura Cheryl

Keywords:

Komunikasi pemasaran digital, Integrated Marketing Communication (IMC), Media sosial, Desa wisata, Instagram

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong desa wisata untuk mengoptimalkan media sosial sebagai sarana komunikasi pemasaran. Desa Wisata Ketapanrame memanfaatkan Instagram @sobo.ketapanrame untuk mempromosikan destinasi, membangun citra positif, dan memperluas jangkauan promosi. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh BUMDes Mutiara Welirang dalam memperkuat branding desa wisata. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil menunjukkan bahwa strategi komunikasi digital Desa Wisata Ketapanrame menerapkan Integrated Marketing Communication (IMC), meliputi perencanaan komunikasi terstruktur, pengelolaan konten visual dan konsistensi naratif, interaksi melalui fitur media sosial, serta sinergi dengan promosi offline. Kolaborasi antar pemangku kepentingan mendukung keselarasan pesan dan integrasi narasi promosi. Strategi ini meningkatkan visibilitas, minat berkunjung, serta memperkuat branding, identitas, dan daya saing desa wisata, sekaligus mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2025-12-09