Analisis Resepsi Remaja Perempuan Surabaya terhadap Konten "Cherryna Approved" sebagai Pemicu Belanja Impulsif
Keywords:
remaja, perempuan, belanja, impulsif, media sosialAbstract
Sekarang media sosial tidak hanya menjadi sarana untuk mencari hiburan serta komunikasi tetapi dapat membentuk preferensi dalam mempengaruhi perilaku konsumen untuk menentukan pilihan, khususnya remaja perempuan. Konten digital "Cherryna Approved" menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi adanya belanja impulsif seperti pembelian dilakukan secara spontan tanpa rencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana resepsi remaja perempuan terhadap konten tersebut sehingga dapat menyebabkan kecenderungan belanja impulsif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta pendekatan analisis resepsi. Melalui teknik purposive sampling dengan menggunakan instrumen wawancara mendalam terhadap empat narasumber pengguna aktif media sosial, penelitian ini menemukan bahwa label "Cherryna Approved" diartikan sebagai bentuk branding yang merepresentasikan kejujuran dalam jaminan kualitas produk. Hasil utama menunjukkan bahwa konten tersebut secara konsisten berhasil memicu keputusan pembelian akhir yang bersifat impulsif, meski intensitasnya berbeda pada setiap narasumber serta tetap menunjukkan kontrol diri.
