Strategi Komunikasi Digital dalam Membangun Branding Sosial Berbasis Ekonomi Sirkular: Studi Kasus Yayasan Bina Bhakti Lingkungan

Authors

  • Valentina Indriyani Salianti Universitas Negeri Surabaya
  • Palupi Kusumaningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Jingga Naura Yasmin Universitas Negeri Surabaya
  • Alfiyah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Strategi Komunikasi Digital, Branding Sosial, Ekonomi Sirkular, Yayasan Bina Bhakti Lingkungan

Abstract

Pesatnya perkembangan era digital dan tingginya permintaan informasi yang real time dan akurat, menjadikan komunikasi digital sebagai salah satu sentral utama bagi Yayasan Bina Bhakti Lingkungan (YBBL) yang fokus pada isu lingkungan dan ekonomi sirkular. Urgensi penelitian ini muncul karena YBBL, yang kanal digitalnya baru dioptimalkan dengan audiens terbatas, menghadapi tantangan dalam membangun branding sosial. Penelitian terdahulu lebih menekankan pada organisasi yang sudah mapan. Studi kasus deskriptif kualitatif digunakan dengan objek media sosial dan website YBBL, dan data diperoleh melalui observasi digital, wawancara, serta dokumentasi. Hasil menunjukkan Instagram aktif digunakan untuk edukasi dan dokumentasi, menjadi wajah komunikasi utama , sementara website bersifat statis sebagai media arsip institusional. Efektivitas strategi digital masih terbatas pada tahap penyebaran informasi (informational sharing). Tantangan pokoknya adalah minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang menyebabkan kurangnya konsistensi dan inovasi konten pada media sosial. YBBL disarankan memperkuat strategi melalui peningkatan SDM, Membuat dan menganalisis target audiens, konsistensi unggahan, integrasi lintas platform, dan evaluasi setiap konten atau informasi yang sudah di share. 

Downloads

Published

2025-12-21