Tren Konten pada Akun Facebook ASEAN Secretariat Periode Januari – Juni 2025 dalam Perspektif Komunikasi Kelembagaan dan Diplomasi Digital

Authors

  • Deby Rifda Atika Universitas Negeri Surabaya
  • Raymon Josua Universitas Negeri Surabaya
  • Immanuel Peneska Universitas Negeri Surabaya
  • Ayuliah Restu Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

ASEAN, Facebook, Diplomasi digital, Komunikasi kelembagaan, Konten media sosial

Abstract

Penelitian ini menganalisis tren konten pada akun Facebook ASEAN Secretariat sebagai bagian dari strategi komunikasi kelembagaan dan diplomasi digital di Asia Tenggara. Kebaruan penelitian terletak pada pemetaan terbaru terhadap pola konten Facebook ASEAN Secretariat tahun 2025, yang sebelumnya belum menjadi fokus dalam kajian akademik secara sistematis. Dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif terhadap unggahan periode Januari–Juni 2025, penelitian mengidentifikasi tiga kategori utama: (1) konten informasi dan kebijakan; (2) konten budaya dan people-centric; dan (3) konten kolaborasi dan diplomasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook tidak hanya digunakan sebagai sarana publikasi kebijakan, tetapi juga sebagai medium pembentukan identitas regional serta peningkatan partisipasi publik. Strategi komunikasi ini sejalan dengan ASEAN Communication Master Plan 2018–2025 yang menekankan pentingnya keterbukaan informasi dan engagement masyarakat.

Downloads

Published

2025-12-20