Pemanfaatan Media Sosial LinkedIn Sebagai Strategi Company Branding pada Company Page @Altheaecobag

Authors

  • Stefany Jeanny Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Dhea Arum Oktastefani Listiyani Putri - Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Daky Mameru Alam Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

LinkedIn, Company Branding, Digital Corporate Communication, Reusable Bag, Althea Ecobag

Abstract

Pemanfaatan media sosial LinkedIn kini menjadi salah satu strategi penting dalam membangun company branding di era digital. Berbeda dengan media sosial lain yang bersifat hiburan, LinkedIn berperan sebagai platform profesional yang memungkinkan perusahaan membangun kredibilitas, reputasi, dan jaringan bisnis yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Althea Ecobag memanfaatkan Company Page LinkedIn sebagai strategi company branding untuk meningkatkan citra merek yang profesional, kredibel, dan berorientasi pada solusi penggunaan tas reusable pengganti plastik sekali pakai.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap akun LinkedIn @Altheaecobag. Data diperoleh melalui observasi aktivitas digital perusahaan, analisis konten unggahan, serta wawancara semi-terstruktur dengan tim pemasaran Althea Ecobag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi company branding di LinkedIn dilakukan melalui pembuatan konten edukatif, employee advocacy, serta narasi berkelanjutan yang memperkuat nilai perusahaan sebagai produsen tas spunbond ramah lingkungan.Temuan ini menegaskan bahwa LinkedIn bukan hanya berfungsi sebagai media rekrutmen atau jaringan profesional, tetapi juga sebagai sarana efektif untuk memperkuat identitas dan reputasi korporasi, terutama bagi usaha yang mengusung nilai keberlanjutan (sustainability-driven business). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis bagi kajian digital corporate communication serta panduan praktis bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan LinkedIn sebagai medium branding korporat.

Downloads

Published

2025-12-20