Strategi Digital Branding melalui Instagram Reels dalam Peningkatan Brand Awareness Agensi Skyline Society Surabaya
Keywords:
Digital Marketing, Instagram Reels, Brand Awareness, Edutainment, Integrated Marketing CommunicationAbstract
Penelitian ini berangkat dari rendahnya engagement dan brand awareness
yang dimiliki Skyline Society, sebuah agensi kreatif baru di Surabaya. Di era digital saat ini,
media sosial terutama Instagram menjadi ruang utama bagi brand untuk
memperkenalkan identitas dan membangun kedekatan dengan audiens. Melalui konten
Reels, Skyline Society berupaya meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan mengusung
konsep edutainment yang menggabungkan nilai edukasi dan hiburan. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui
observasi dan analisis konten pada akun Instagram @skylinesociety selama periode 6
Agustus hingga 25 Oktober 2025, dengan menganalisis seluruh konten reels yang
diunggah beserta data insight seperti jangkauan, interaksi, dan aktivitas profil. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi digital branding berbasis storytelling visual dan
konsistensi gaya konten terbukti efektif meningkatkan awareness dan engagement
audiens yang ditunjukkan melalui peningkatan jangkauan, tayangan, dan interaksi dari
pengguna baru maupun lama. Secara keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa
pemanfaatan Instagram Reels dengan pendekatan edutainment berperan penting dalam
memperkuat tingkat awareness publik serta citra Skyline Society sebagai agensi kreatif
baru.
