Strategi Digital Branding melalui Instagram Reels dalam Peningkatan Brand Awareness Agensi Skyline Society Surabaya

Authors

  • aulia Ainus Saidah Universitas Negeri Surabaya
  • Ajeng Dewi Putri Kirana Ghasli
  • Muhammad Adam Ferdiansah

Keywords:

Digital Marketing, Instagram Reels, Brand Awareness, Edutainment, Integrated Marketing Communication

Abstract

Penelitian ini berangkat dari rendahnya engagement dan brand awareness

yang dimiliki Skyline Society, sebuah agensi kreatif baru di Surabaya. Di era digital saat ini,

media sosial terutama Instagram menjadi ruang utama bagi brand untuk

memperkenalkan identitas dan membangun kedekatan dengan audiens. Melalui konten

Reels, Skyline Society berupaya meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan mengusung

konsep edutainment yang menggabungkan nilai edukasi dan hiburan. Penelitian ini

menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui

observasi dan analisis konten pada akun Instagram @skylinesociety selama periode 6

Agustus hingga 25 Oktober 2025, dengan menganalisis seluruh konten reels yang

diunggah beserta data insight seperti jangkauan, interaksi, dan aktivitas profil. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa strategi digital branding berbasis storytelling visual dan

konsistensi gaya konten terbukti efektif meningkatkan awareness dan engagement

audiens yang ditunjukkan melalui peningkatan jangkauan, tayangan, dan interaksi dari

pengguna baru maupun lama. Secara keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa

pemanfaatan Instagram Reels dengan pendekatan edutainment berperan penting dalam

memperkuat tingkat awareness publik serta citra Skyline Society sebagai agensi kreatif

baru.

Downloads

Published

2025-12-09