Komunikasi Digital sebagai Promosi Pariwisata: Tren Pacu Jalur dan Festival Songkran

Authors

  • Kharisma Nur Thur Sina Kharisma Nur Thur Sina Universitas Negeri Surabaya
  • Kornelia Vania Dean Winarto Kornelia Vania Dean Winarto
  • Salsabila Novianty Salsabila Novianty
  • Anindya Kinanti Prawita Putri Anindya Kinanti Prawita Putri
  • M Hilman As M Hilman As
  • Kemal Maulana Izham Kemal Maulana Izham

Keywords:

Komunikasi Digital, Tradisi, Budaya, Kearifan Lokal, ASEAN

Abstract

Penelitian ini membahas komunikasi digital sebagai sarana promosi untuk mempertahankan budaya, tradisi, dan kearifan lokal di lingkup ASEAN melalui studi kasus tradisi lokal Pacu Jalur di Indonesia dan Festival Songkran di Thailand. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif melalui analisis konten digital untuk menelaah bagaimana kedua tradisi tersebut dapat dipromosikan dan direpresentasikan di ruang media, serta dampak digitalisasi terhadap nilai-nilai tradisional budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital berperan sebagai alat penting dalam penyebaran informasi dan penguatan identitas budaya lokal di tengah arus globalisasi. Temuan ini menegaskan bahwa pelestarian budaya lokal dapat dicapai secara efektif apabila nilai-nilai tradisional mampu diseimbangkan dan dipadukan dengan strategi komunikasi digital yang modern dan adaptif.

Downloads

Published

2025-12-09