Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Distributor Pada Pupuk Phonska Plus PT Petrokimia Gresik
Keywords:
Harga, Promosi, Kualitas Produk, Minat Beli Ulang DistributorAbstract
Dengan adanya peningkatan persaingan di industri pupuk, pemahaman tentang faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ulang untuk meningkatkan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli ulang distributor pada pupuk Phonska Plus PT Petrokimia Gresik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data penelitian diolah menggunakan Microsoft Excel dan Software SPSS. Variabel bebas pada penelitian ini adalah harga (X1), promosi (X2), dan kualitas produk (X3). Variabel terikat pada penelitian ini adalah minat beli ulang (Y). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling teknik purposive sampling dan populasi yang digunakan yaitu para distributor platinum PT Petrokimia Gresik dengan jumlah 60 responden yang pengumpulan datanya dilakukan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, promosi, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang. Sehingga hasil penelitian ini membuktikan bahwa apabila PT Petrokimia Gresik ingin lebih meningkatkan minat beli ulang distributor maka sangat perlu untuk memastikan strategi penetapan harga, kualitas yang konsisten, dan program promosi yang efektif yang pada akhirnya mampu meningkatkan loyalitas distributor serta meningkatkan penjualan.