Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Meningkatnya Loyalitas Pelanggan
Keywords:
Bauran promosi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas PelangganAbstract
Perkembangan perusahaan jasa meningkat pesat pada perindustrian di Indonesia maka perlu dicermati agar Perusahaan terus berkembang. Didasari oleh permintaan perusahaan penghasil minyak semakin banyak dan memerlukan penyedia jasa ini. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis faktor apakah yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Terminal Nilam Utara. Faktor yang diduga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu variabel kualitas pelayanan dan promosi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan memakai teknik analisis regresi linier berganda. Memanfaatkan aplikasi SPSS sebagai alat penunjang dalam proses pengolahan data. Lalu, memakai variabel bebas Kualitas Pelayanan sebagai (x1) dan Promosi sebagai (x2) dengan variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan (y). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dengan teknik nonprobability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel yang dominan adalah promosi dalam mempengaruhi meningkatnya loyalitas pelanggan. Dengan begitu perusahaan harus lebih memperhatikan gaya promosi dan bila perlu memperbaharui gaya promosi.