The influence of financial literacy, financial attitude, social environment, and lifestyle on financial management behavior of generation z in Sidoarjo

Authors

  • Januandini Rossalda Meliana Universitas Negeri Surabaya
  • Yuyun Isbanah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Financial Literacy, Financial Attitudes, Social Environmen, Lifestyle, Financial Management Behavior

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, lingkungan sosial dan gaya hidup terhadap perilaku pengelolaan keuangan generasi Z di Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini generasi Z di Sidoarjo dengan rentang usia 11-26 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel data berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini mengumpulkan 208 responden. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi dilakukan dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, sikap keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, lingkungan sosial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, dan lingkungan sosial berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan, dan gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Januandini Rossalda Meliana, & Yuyun Isbanah. (2023). The influence of financial literacy, financial attitude, social environment, and lifestyle on financial management behavior of generation z in Sidoarjo. International Management Conference and Progressive Papers, 1, 310–321. Retrieved from https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/immersive/article/view/963

Issue

Section

Articles