Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Distributor pada Pupuk Phosgreen PT Petrokimia Gresik
Kata Kunci:
buying interest., price, promotion, fertilizerAbstrak
Selama berjalannya perusahaan kendala penjualan kerap kali terjadi salah satunya yaitu penurunan jumlah penjualan pada pupuk non subsidi yaitu Pupuk Phosgreen, adapun strategi yang dilakukan PT Petrokimia Gresik adalah dengan melakukan penyesuaian harga sehingga dapat bersaing dengan harga yang ditetapkan oleh kompetitor. Selain itu terdapat strategi dengan cara pemberian promosi pada distributor. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli distributor pada produk Pupuk Phosgreen milik PT Petrokimia Gresik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh terhadap minat beli para distributor, sedangkan variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli para distributor. Penelitian ini hanya dilakukan pada produk Pupuk Phosgreen sehingga tidak dapat digeneralisasi dengan produk lainnya. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan bagi peneliti lain untuk penelitian selanjutnya. Dan bagi PT Petrokimia Gresik penelitian ini dapat menjadi bahan dalam melakukan evaluasi harga serta riset pasar. Untuk kegiatan promosi dapat dipertahankan dan dapat menambah jenis kegiatan promosi selain itu perlu diimbangi dengan melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan promosi berkala.